Senin, 23 September 2013

11 Pelajaran Startup dari CEO Wanita Sukses

Fun To Victory



Bagi mereka yang memiliki ide cemerlang dan modal uang cash dari para investor, tawaran pekerjaan yang buruk di job market dan penurunan ekonomi merupakan tanda-tanda  waktu yang tepat untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Dalam banyak kasus, orang-orang yang berani mengambil resiko, inovatif, dan berjiwa entrepreneur adalah wanita. Untuk dapat sukses di dunia yang masih digolongkan sebagai dunia para pria, berbeda dengan 10, 20 dan 30 tahun yang lalu. Sekarang ini mari kita kesampingkan pembicaraan tentang feminisme dan mari kita lebih berpikiran terbuka dan kreatif.

Jadilah bunglon
Tena Clark, seorang penulis lagu, produser, dan entrepreneur yang merupakan CEO dari DMI Music, telah menang dan mempertahankan karir dalam industri musik selama 3 dekade, karena ia selalu berevolusi baik sebagai seniman dan entrepreneur. Ia ikut menyaksikan perubahan yang terjadi dalam industri musik dan bekerja keras sebagai seniman dan inovator, serta mampu beradaptasi, bukannya berjuang untuk menjaga hal yang telah ada sebelumnya.
“Saya telah melihat transformasi industri dan banyak pekerjaan yang hilang,” kata Clark. “Tapi saya bisa terus sukses karena saya menancapkan jari saya ke banyak aspek dalam bisnis. Dan jika salah satu dari itu menghilang, saya masih bisa bergantung pada hal yang lainnya. Saya tidak pernah bergantung sepenuhnya pada satu hal saja.
Bersiaplah untuk memulai kembali dari awal
Setiap industri mengalami saat-saat mengerikan di mana setengah pembicaraan adalah tentang bagaimana tahun-tahun gemilang telah berakhir dan bahwa inilah saatnya untuk beralih ke industri yang lain. Sisi lain cenderung berpikir jika mereka bertahan dan menjaga kepala mereka tetap menghadap ke bawah, segala hal akan baik-baik saja. Carilah jalan tengah.
“Enam belas tahun yang lalu saya sedang mendengarkan dua orang pembicara esktrim berpendapat tentang industri saya, dan apa yang saya sadari adalah mereka berdua keliru dan saat itu sudah waktunya untuk menciptakan kembali” kata Clark. “Saya kemudian menyadari bahwa Saya harus siap untuk memulai segala hal lagi, berpikir sesuatu yang berbeda, dan berpikir dengan ide yang segar.”
Memiliki keberanian
Menjadi berani dengan bisnisnya dan berpikir jauh di luar kotak merupakan satu-satunya cara untuk dapat bertahan. Tapi untuk dapat melakukan hal demikian membutuhkan resiko yang besar pula.
“Saya selalu mencari cara untuk melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda,” kata Clarck. “Tahun demi tahun yang lalu saya bertanya: ‘Kenapa satu-satunya tempat untuk membeli musik adalah gudang atau menara?’ Atau, ‘Kenapa musik hanya di mainkan di radio? Kenapa tidak bisa didengar di tempat yang lain?’ Saya memikirkan konsep tersebut sebelum orang-orang mewujudkannya sekarang.”
Menjadi game-changer
Karena Clarck memiliki pengalaman dalam bidang brand dari karirnya di bidang iklan dan film, ia mampu mengubah permainan dari industrinya.
“Saya berbahaya,” kata Clark. “Saya hendak menghubungkan pelanggan dengan brand melalui musik, dan menggunakan kekuatan emosional dari musik. Saya menciptakan sebuah frase: ‘Tidak ada cara yang lebih baik untuk menciptakan loyalitas selain melalui emosi.’ Kami mendekati brand melalui sisi pemasaran. Kami tidak memiliki agenda untuk mencoba menjual Anda; kami hanya mencoba menjual brand Anda dengan membuat DNA suara dan sekarang jejak musik ada di mana-mana: online, toko-toko,konser, permainan… itu bisa menyentuh Anda di tempat yang dapat terdengar.
Memiliki strategi
“Saya tidak pernah khawatir tentang masa depan dari radio, atau apa radio tidak akan dipakai lagi karena saya memiliki semua dependensi yang saya petakan,” kata Clarck. “Strategi yang dilakukan saya dan perusahaan saya tidak pernah bergantung pada salah satu cara untuk melakukan sesuatu. Saat saya bertemu seniman baru saya akan menemukan cara baru untuk mendengarkan mereka. Maka Anda mulai dapat memprediksi apa yang akan terjadi dalam industri Anda.”
Memoderenisasi pendekatan feminis
Tahun 80-an telah berakhir, sehingga ada pertempuran yang telah dimenangkan dan tantangan baru untuk ditaklukkan.
“Ini bukan tentang kami para wanita mengangkat senjata dan berkata ‘Saya adalah seorang wanita, dengarkan auman saya lagi,’ kata Clarck. “Malah pembicaraan seperti itu tidak boleh terdengar lagi. Saya tidak menemukan hal-hal berbau jenis kelamin seperti itu lagi. Begitu banyak bisnis yang terjadi saat makan malam, di lapangan golf, dan melalui hubungan yang baik. Jadi penting bagi wanita untuk memiliki hubungan-hubungan itu dan membangun hubungan tersebut dengan para wanita lain di belahan bumi lainnya.”
Berteman dengan CEO dan pengusaha lain
Carilah wanita lain yang dapat Anda dapat menyesuaikan diri dengannya, entah mereka berhubungan dengan bisnis Anda maupun tidak. Mereka dapat menjadi mentor Anda atau Anda dapat menjadi mentor mereka.
“Ini cara terbaik bagi saya untuk memperluas jaringan dan memberikan saya kepercayaan diri karena dari sudut pandang pria jika Anda tidak menghormati diri Anda, maka Anda tidak akan diperlakukan dengan hormat oleh orang lain,” kata Clark. “Ini tentang bagaimana Anda bersikap apa adanya dan nyata. Membangun kelompok dari sesama CEO dari beberapa perusahaan dapat sangat berpengaruh.”
Jangan menyamakan bersikap baik dengan bersikap lemah
Untuk waktu yang lama sudah jelas digambarkan bahwa seorang wanita yang berkuasa harus menjadi wanita yang juga ganas. Kenyataannya adalah bahwa menjadi seseorang yang jujur, loyal dan sebagainya, sesungguhnya adalah orang-orang yang kuat, dan pastinya bukan orang yang lemah.
“Untuk bisa berada di atas dan bersikap baik bukanlah sebuah kelemahan,” kata Clark. “Orang-orang berpikir bahwa bersikap baik adalah sebuah kelemahan dan itu salah. Selama orang-orang dapat mengetahui sikap Anda dalam pekerjaan, maka mereka tahu Anda bersikap serius dan Anda bebas untuk menjadi seseorang yang bebas dan bukan lagi boss di tempat lain.”
Mencari perubahan dimana itu masih dibutuhkan
“Pengusaha wanita masih tidak diberikan porsi saham yang sebanding terkait investasi” kata Clark. “Masih ada kekurangan dari pendanaan dari VCs. Hal ini masih sangat tidak merata di sini bagi wanita.” Satu solusi yang disarankan oleh Clark adalah bekerja sama dengan pemodal ventura wanita yang secara khusus memberikan pendanaan bagi pengusaha wanita.
Bertanggung jawab
Nikmatilah berada di puncak dan bersikaplah percaya diri dengan itu. Clark memiliki 51 persen dari saham BMI Music dan partnernya memiliki 40 persen.
“Saya tidak bisa melakukannya dengan cara lain,” kata Clark. “Kami tidak memiliki masalah apapun atas perebutan kekuasaan, atau dominasi ketika Anda memilih partner Anda dengan bijaksana dan menempatkan semuanya secara tertulis.
Memiliki support system yang baik
Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mempercayai Anda dan merupakan fans terbesar Anda.
“Anda membutuhkan orang-orang luar yang melihat apakah peternakan Anda sedang terbakar dan tidak takut untuk memberitahukan kepada Anda untuk mematikan apinya atau biarkan saja apinya terus menyala,” kata Clarkc. “Orang-orang  yang melihat dari luar dan yang benar-benar mengetahui diri Anda tahu bagaimana caranya membantu Anda mengubah sesuatu dan membuat segala sesuatu bekerja lebih baik.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar